Program studi DIF UGM menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat dengan kreasi sediaan antiseptik dan sabun cair

Sukseskan agenda SDGs 2030 untuk pembangunan berkelanjutan, tim pengabdian masyarakat program studi doktor ilmu farmasi (DIF) UGM bekerjasama dengan SDN Jongkang 1 Sleman mengadakan pengenalan PHBS dan pelatihan pembuatan sediaan antiseptik dan sabun cair sebagai bentuk komitmen global dan nasional dalam upaya meningkatkan pendidikan yang berkualitas yang didukung dengan penyediaan sanitasi yang layak bagi siswa.

Dengan adanya pelatihan pembuatan sediaan antiseptik dan sabun cair diharapkan dapat mendukung kemandirian siswa dalam berperilaku hidup sehat. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Desember 2023 dengan tim pengabdiaan terdiri dari widyasari putranti, Nuraini ekawati, rani prabandari, fajar ira juwita, faridah baroroh dengan pembimbing Prof. Dr.apt Abdul Karim Zulkarnain, M.Si.

Para siswa antusias mengikuti kegiatan ini karena dapat menumbuhkan semangat wirausaha dan melatih keterampilan dalam membuat produk sediaan antiseptik dan sabun cair dengan mudah dan sederhana. Selain itu, siswa juga dapat memahami pentingnya PHBS dengan menggunakan sediaan yang mereka kreasikan sendiri. Perlunya peningkatan keterampilan bagi siswa SD yang memiliki kreativitas dan kemandirian dalam menciptakan generasi muda yang sehat dan unggul.